Matchbox Catalogue 1975

Salam Diecast Indonesia...
Sebelumnya saya sudah post Katalog Matchbox 1967 cek di sini, sekarang saya juga akan post tentang katalog Matchbox edisi tahun 1976 kedua katalog ini saya peroleh dari kolektor Matchbox asal Filipina, Jay MG. Tidak seperti katalog sebelumnya yang isinya adalah model-model dengan ban model Regular - Original hub, katalog sekarang ini berisi model-model ban plastik dengan axle yang lebih kecil. Ada 3 seri utama yang bisa kita temui di katalog ini yakni Superfast, Streakers, dan Rolamatics.
Matchbox Super Cepat


Superfast adalah seri Matchbox yang fitur utamanya ada pada bannya, sebelum ditikung Hot Wheels dahulu MBX menguasai dunia Diecast di England dan USA. Setelah Hot Wheels menikung pasar Diecast dengan fitur unggulan sebagai diecast tercepat di dunia, akhirnya MBX merespon kejadian ini dengan membuat seri Superfast yang juga punya fitur untuk kebut-kebutan, perubahan itu bisa dilihat pada bagian roda dan axle yang berubah.

Rolamatics adalah salah satu seri Matchbox yang memiliki fitur unik yakni adanya bagian pada diecast yang bisa bergerak saat mobil digerakkan, misalnya radar yang bisa diputar, kipas mesin yang bisa berputar, figure yang bisa diputar, atau mesin yang bisa naik dan turun seperti piston gitu. Matchbox seri ini memiliki label "Rolamatics" pada bagian basenya, seri ini dirilis antara tahun 1970-an sampai 1980-an.

Streakers adalah seri Matchbox yang memiliki tampo, kenapa tampo pada saat itu begitu spesial? Karena sebelum 1975 seluruh Matchbox belum menggunakan tampo, baru pada tahun 1975 matchbox menggunakan tampo. Hot Wheels sudah lebih dulu menggunakan tampo pada tahun 1974, tidak mau kalah dan kecolongan lagi akhirnya Matchbox ikut merilis model yang memiliki tampo, sebelumnya MBX menggunakan tempelan haha sebagai dekorasinya.

Tentunya dengan adanya Katalog seperti ini bisa membuat hunting kita lebih tertata dan sistematis, jadi ketika melihat suatu model MBX jadul di suatu lelangan yang nggak kita ketahui namanya kita bisa langsung cross check ke Katalog MBX ini.

Tanda simbol-simbol di Katalog
Katalog ini dilengkapi dengan Nomor Model, Nama Model, Panjang Dalam Milimeter, dan Skala. Katalog ini juga dilengkapi simbol-simbol, berikut penjabaranya :
  1. Simbol bulatan warna hitam dengan tulisan S menunjukan model itu adalah seri Streakers.
  2. Simbol lingkaran kosong warna hitam menunjukkan model itu memiliki fitur opening door atau opening kap mesin bagian belakang atau depan.
  3. Simbol bulatan warna pink menunjukkan model itu memiliki fitur spesial misalnya Nomor Model 23 Atlas (bagian bak mobil bisa digerakkan).
  4. Simbol lingkaran warna kuning menunjukkan model tersebut bisa di derek.
  5. Simbol Rolamatics berupa sebuat kotak bergambar dengan deskripsi bagaimana fitur Rolamatics itu bekerja
Keseluruhan ada 75 model, memang dulu MBX menggunakan range 1-75. Nah kalau sudah lihat Katalognya tentunya kurang afdol kalau belum lihat penampakanya dari dekat, untungnya Jay MG sudah mengoleksi edisi ini cek koleksinya di sini. Oke berikut adalah tampilan Katalog Matchbox 1976 setiap halamanya.

Cover

Page 2. Penjabaran Seri dan Fitur

Page 3. Simbol Rolamatics bisa dilihat pada No. 10

Page 4. No Model 16 Memiliki Fitur Radar Yang Bisa Berputar

Page 5. No Model 28 Memiliki Figure Yang Bisa Berputar

Page 6. No Model 35 Memiliki Fitur Kipas Yg Bisa Berputar

Page 7. No Model 47 Memiliki Figur Yang Bagian Kepalanya Bisa Digerakkan

Page 8. No Model 57 Memiliki Figur Hewan Yang Bisa Berputar

Page 9. No Model 73 Memiliki Fitur Turret Yang Bisa Berputar

0 Response to "Matchbox Catalogue 1975"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel