Friday, February 10, 2017

VW Rear Loader Beach Bomb - Pink, From Zero to Hero (Kisah Kecil HW Rp. 1 Miliar)

Salam Diecast Indonesia...
Mungkin sebagian dari kolektor Hot Wheels pernah bertanya-tanya “Apa sih Hot Wheels termahal di Dunia? “ dan jawabanya datang dari Prototipe Hot Wheels tahun 1969, Yap...perkenalkan “Prototipe VW Rear Loader Beach Bomb warna Pink”, Hebatnya kolektor veteran Bruce Pascal pernah memiliki 2 RLBB-Pink, tahun 2004 Bruce Pascal menjual salah satu RLBB-Pink koleksinya kepada Gerard Granier dengan harga sekitar $50.000 dan tahun 2008, Gerard Granier menjualnya ke Sid Belzberg dengan harga $70.000, apakah kurang mahal?



Pada tahun 2013 dalam suatu acara televisi Extreme Collector di USARLBB-Pink milik Bruce Pascal di hargai $100.000, jika di rupiahkan yang mana nilai tukar rupiah terhadap dollar pada tahun 2017 ini senilai Rp. 13.000/Dollar maka kisaran harganya sekitar 1.3 milyar rupiah woow mayan, harga yang sangat fantastis untuk benda seukuran genggaman tangan, kira-kira sekarang harganya naik nggak ya?


RLBB merupakan adaptasi dari mobil VW generasi kedua yang dikenal dengan nama “Transporter” ada juga yang menjulukinya  “Kleinbus” dan yang paling umum dikenal adalah “VW Bus”, diproduksi dari tahun 1968 – 1979.

Photo by Onlineredlineguide.com edited by Diecast Indonesia

Semuanya pasti tidak akan mengira bahwa dahulu ketika pertama kali dibuat RLBB hanyalah sebuah produk gagal, “Pada tahun 1969 Mattel berkeinginan untuk membuat tiruan dari VW Bus dengan menambahkan papan seluncur removable yang bisa di masukkan lewat jendela belakang mobil, dengan spesifikasi yang sudah di tetapkan tersebut akhirnya  para kru pun membuat  prototipe yang sesuai dengan kriteria yang di tetapkan, namun pada  saat di uji di jalur race track ternyata prototipe ini terlalu kecil dan kurang compatible dengan Supercharger (Pelontar) serta kurang stabil di tikungan karena pusat gravitasi terlalu tinggi, lalu para kru membawa pulang prototipe tersebut untuk diperlihatkan kepada anak-anak mereka dan melihat respon anak-anak terhadap masalah tersebut, hasilnya anak-anak tidak menyukai prototipe ini karena tidak bisa digunakan di Supercharger sehingga prototipe tersebut tidak jadi diproduksi. Kemudian para kru membuat desain  prototipe yang baru dengan membuatnya lebih lebar dan menambahkan semacam slot di bagian kanan dan kiri mobil sebagai tempat menaruh papan seluncur, lalu sunroof bagian atas diperbesar dan memberikan beban tambahan di bagian bawah chassis sebagai pusat gravitasi hingga jadilah Hot Wheels VW Bus seperti yang dipasarkan tahun 1969.

Proses Perbaikan. Photo by Lupa hehe.

Prototipe-prototipe gagal tadi pun diberikan ke para kru dan hari ini rata-rata harga prototipe ini berkisar $15.000 per bijinya, namun prototipe VW yang berwarna pink-lah yang harganya mencapai $100.000, kenapa hanya warna pink yang harganya selangit ? (beberapa prototipe memiliki warna yang berbeda). Hal ini terjadi karena Hot Wheels dahulu dibuat untuk mainan anak laki-laki sehingga Hot Wheels jarang sekali menggunakan warna pink, karena warna pink lebih identik dengan anak perempuan. Sekarang tahu kan kenapa Hot Wheels jadul warna pink lebih mahal. Okeh?

RLBB Fun Story

Jika para pembaca ada yang tertarik untuk mengoleksinya para pembaca juga harus berhati-hati karena pada tahun 2002, replika dari RLBB diproduksi kembali oleh Brightvision. Jadi konsultasikan dulu dengan para master suhu sebelum membeli.

Hingga saat ini kabarnya hanya ada 2 RLBB-Pink saja yang bisa ditemukan dan dalam kondisi mint. Para kolektor pun menyebutnya sebagai “Holy Grail” karena memilikinya menjadi prestige tersendiri. Bagaimana? Sudah legend, prototipe, langka, warna pink pula. Wajar kan sekarang di sebut From Zero to Hero, dari produk buangan menjadi milyaran.