Thursday, February 2, 2017

Bagaimana Hot Wheels Jaman Dulu Dibuat?

Salam Diecast Indonesia...


Sebelum ditemukanya cara membuat cetakan diecast dengan metode komputer, Hot Wheels dahulu menggunakan mesin Pantograph 3D untuk membuat cetakan tersebut.



Berikut adalah langkah-langkah bagaimana Hot Wheels jaman dulu dibuat dari Collector Book tahun 1981 "How Hot Wheels are made". Di sini yang akan dibuat adalah replika dari 1928 Ford Sedan Delivery.


Pertama, para desainer Hot Wheels menggambar desain 1928 Ford Sedan Delivery yang akan diproduksi lalu gambar itu ditunjukkan ke anak-anak dan orang-orang dewasa, gambar dengan jumlah peminat paling banyak lah yang akan di produksi.


Kemudian desain yang sudah dipilih tadi diberikan ke bagian engginering, di sini bagian-bagian Ford Sedan seperti bodi, chasiss, kaca, dan mesin digambar dengan detail.


Tahap selanjutnya Ford Sedan yang sudah digambar detailnya tadi dibuat replikanya dengan cara memahat kayu atau plastik sesuai dengan detail yang telah dibuat di bagian Engginering, namun ukuran model dari kayu ini besarnya empat kali lipat dari hasil akhinya nanti (biasanya disebut dengan 4 Up). Hal ini bertujuan agar detail pada model kayu bisa dibuat dengan sebaik mungkin.


Langkah selanjutnya adalah membuat cetakan dengan menggunakan mesin pantograph, mesin pantograph digunakan untuk mengecilkan atau membesarkan suatu model dengan bentuk yang sama persis. Dengan mesin ini ukuran Ford Sedan yang tadinya besar bisa dikecilkan ukurannya.


Cetakan yang sudah jadi kemudian digunakan di mesin cetak (mesin molding) untuk menghasilkan bagian-bagian Ford Sedan.


Hasil cetakan kemudian dicat dan didekorasi, sebelum di packing diecast yang sudah jadi di test dahulu apakah sesuai dengan standar keamanan dan kualitas. Jika lolos seleksi maka diecast ini dibungkus blister dan dijual. Ntapp...

Biasanya replika kayu atau plastik dibuat 2 buah, satu untuk cadangan dan satunya di detailing. Seperti koleksi dari Bruce Pascal dibawah ini.


Jaman sekarang sudah tidak lagi menggunakan mesin pantograph tapi sudah memakai komputer dan printer 3D seperti desain Mazda REPU di bawah ini :

Credit : Japan Nostalgic Car

Credit and Special Thank for Onlineredlineguide.com
Terimakasih atas kunjunganya, cukup sekian jangan lupa Like dan Subscribe atau Follow Instagram, Blog dan Fans Page FB Diecast Indonesia.
 

Daftar Hot Wheels Box A 2017 di sini
Daftar Hot Wheels Box B 2017 di sini 
Daftar Hot Wheels Box C 2017 di sini
Daftar Hot Wheels Box D 2017 di sini
Daftar Hot Wheels Box E 2017 di sini
Daftar Hot Wheels Box F 2017 di sini
Daftar Hot Wheels Box G 2017 di sini
Daftar Hot Wheels Box H 2017 di sini
Daftar Hot Wheels Super Treasure Hunt 2017 di sini 
Hot Wheels Replica Entertainment 2017 Mix 1 : Movie di sini
Hot Wheels Replica Entertainment 2017 Mix 2 : Halo di sini
Hot Wheels Car Culture 2017 Mix 1 : Redliners di sini
Hot Wheels Car Culture 2017 Mix 2 : Air Cooled di sini 
Hot Wheels Pop Culture 2017 Mix 1 : Nestle di sini 
Hot Wheels Pop Culture 2017 Mix 2 : The Beatles di sini